Latest News

6,7 Juta Petani Hidup Andalkan Jagung

BeritaJagung.com – Jagung adalah salah satu komoditas yang menjadi tanaman pangan utama di Indonesia menjadi sumber penghidupan bagi 6,7 juta keluarga petani. Budidayanya terus dikembangkan karena Jagung menjadi makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia sebagi sumber karbohidrat.

“pemerintah memberikan perhatian kapada ketersediaan jagung secara nasional”, ujar Hasil Sembiring, Kepala Seksi Intensifikasi Jagung Kementrian Pertanian. (26/8)

Selain sebagai sumber makanan utama bagi manusia. Jagung juga berkotribusi bagi bahan baku pakan ternak ungags. Karena protein yang terkandung di dalam jagung bagus untuk perkembangan hewan ternak.

Saat ini jagung mampu menjadi “mulitlier effect” bagi sektor pendukung mulai dari penyediaan sarana produksi, seperti ketersediaan benih, pupuk dan pestisida. Perdagangan dan pemasaran jagung juga berdampak kepada lebih dari lima juta rumah tangga.


“kedepan jagung akan memegang peran penting dalam perkembangan ekonomi nasional” ujar hasil. Itu kenapa menurutny pemerintah pusat harus mempunyai tekad untuk mengembangkan potensi daerah berbasis komoditas jagung. Dengan melakukan upaya mengundang investor dalam melakukan kegiatan di sektor hilir. Termasuk mendorong industri pasca panen jagung dan industri pakan ternak dengan mendirikan pabrik di wilayah penghasil jagung.

0 Response to "6,7 Juta Petani Hidup Andalkan Jagung"