Latest News

Es Krim Jagung, Hasil Racikan Mahasiswa Politeknik Gorontalo

BeritaJagung.com - Lima orang mahasiswa politeknik Gorontalo berhasil memproduksi es krim jagung dalam skala kecil. Mereka memasarkannya di dalam dan luar kampus, setelah percobaan demi percobaan pembuatan es krim dilakukan di laboratorium kampus mereka.

Es krim berbahan dasar jagung diciptakan oleh lima mahasiswa jurusan tekniknologi hasil pertanian Politeknik Gorontalo. Mereka membuat es krim berbahan jagung karena bahannya mudah diperoleh dan es krim berbahan jagung bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang tidak bisa mengkonsumsi susu sapi.

"kami memilih jagung manis karena selain bahan bakunya mudah dan murah didapat, jagung manis juga bergizi dan cocok sebagai bahan es krim", jelas Zein salah satu mahasiswa penemu es krim jagung, seperti yang dikutip dari beritasatu.com

Proses pembuatannya diawali dengan merebus tongkol jagung selama 35 menit. Setelah matang kemudian jagung di pisahkan dengan tongkolnya dihancurkan menggunakan blender dicampur dengan air. Kemudian hasilnya disaring untuk memisahkan air susu jagung dengan ampasnya.

Hasil saringan tersebut dicampur dengan santan dengan menggunakan mixer selama 15 menit. Dan adonan yang sudah tercampur dimasukkan ke dalam lemari es. 

Keuntungan yang bisa diperoleh dari kelima mahasiswa tersebut mencapai 30 persen karena mudahnya cara membuat dan murahnya bahan baku diperoleh. Bagaimana, tertarik membuat es krim jagung dan menjadi pengusaha dengan menciptakan merek baru?

0 Response to "Es Krim Jagung, Hasil Racikan Mahasiswa Politeknik Gorontalo"