Latest News

Ditangan Edie, Bonggol Jagung Disulap Jadi Kerajinan Cantik

BeritaJagung.com - Awalnya Edie mendapatkan ide membuat kerajinan dari bonggol jagung saat ngobrol dengan temannya pada tahun 2008. "teman saya waktu itu ngasih vas bunga yang terbuat dari bonggol jagung" terangnya.

Kegagalan demi kegagalan didapatkannya ketika pria berusia 56 tahun tersebut memberanikan diri mencoba membuat kerajinan dengan bahan bonggol jagung. Karena menurut pengakuannya tidak ada yang mengajarinya dalam membuat aneka barang kerajinan dari bonggol jagung. Kendala utama yang dihadapinya saat itu, Edie tidak tahu bagaimana cara mengeraskan bonggol jagung yang aslinya rapuh itu.

Industri kreatif berhasil diciptakannya dalam rumah sederhana di wilayah Kedung Halang, Kota Bogor. Edie Junaidi mampu mengubah limbah jagung menjadi bermacam-macam kerajinan cantik seperti sketsel, tatakan gelas, tempat tisu, anyaman tas, cooler laptop dan kap lampu.

Saat ini, ayah dari empat orang anak tersebut sedang melakukan penelitian terhadap jenis jagung yang akan dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan. Edie mancari bonggol jagung yang saat panen dalam keadaan basah. "bonggol jagung nanti akan saya treatment sendiri dengan campuran yang sudah saya racik agar bisa menjadi kuat dan tahan lama" Papar salah satu pengurus Himpunan Perngrajin Anyaman Indonesia.

Harga produk yang bervariasi mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 3juta, menjadikan Edie tak jarang kebanjiran pesanan. Bahkan produk hasil karyanya sudah dipasarkan di berbagai negara Asia, Eropa dan Amerika.

0 Response to "Ditangan Edie, Bonggol Jagung Disulap Jadi Kerajinan Cantik "