Latest News

Susu Dibuat Dari Tongkol Jagung

BeritaJagung.com – Menjadi sebuah keniscayaan tongkol jagung dibuang setelah biji jagung dipipil atau diiris menjadi kebutuhan pangan. Kalaupun difungsikan selama ini, dibeberapa daerah menggunakan tongkol jagung hanya digunakan sebagai pengganti kayu untuk menyalakan api di tungku.
Ternyata belum lama ini mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahua Alam Universitas Negeri Yogyakarta melakukan percobaan membuat susu dari jagung,
Ya, tongkol jagung digunakan sebagai bahan baku tambahan membuat susu jagung. Kreatifitas mahasiswa UNY bisa membuat tongkol jagung lebih berfungsi, tidak hanya menjadikan tongkol jagung sebagai limbah . Tongkol jagung digunakan karena kandungan gizi bisa diperoleh dari bahan baku yang murah. Susu jagung akan menjadi terasa lebih kental bila menggunakan campuran tongkol jagung.
Terdapat 80% karbohidrat dari tanaman kering biji jagung. Adapin pada tongkol jagung mengandung serat kasar seperti hemiselulosa mencapai 38 persen, selulosa 41 persen dan lignin 6 persen. Inilah keunggulan susu jagung, karena sumber karbohidrat dari tongkol jagung masuh relative masih tinggi. Kelebihan lain, susu jagung tidak memerlukan tambahan gula sebagai pemanis.
“susu tongkol jagung mempunyai kelebihan tidak memerlukan gula sebagai pemanis sementara kelemahanya proteinnya sedikit lebih rendah” kata Eti Febriani salah satu mahasiswa yang melakukan uci coba susu tongkol jagung. (12/8)
“kami menambahkan bahan baku tempe kedelai untuk melengkapi protein susu jagung dengan  mengikat serar-serat kasar pada tongkol jagung” ujarnya

0 Response to "Susu Dibuat Dari Tongkol Jagung"